3 Front-end Framework Siap dengan Responsive Design

3 Front-end Framework Siap dengan Responsive Design

Responsive Design

Merujuk pada Wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Responsive_web_design) , responsive design adalah salah satu pendekatan design yang digunakan pada web agar mengoptimalkan pandangan, mudah dibaca, navigasi web yang lebih sedikit resize,panning dan scrolling,  antara beragam perangkat (mulai dari monitor desktop hingga perangkat handphone)..

Fron-end Framework

Bagi para web developer tentu banyak cara yang bisa digunakan, agar website-nya bisa menggunakan responsive design. Salah satu cara dengan memaksimalkan penggunaan HTML, Javascript, dan CSS, maka adaptasi website terhadap perangkat dapat dilakukan. Namun pengunaan HTML, Javascript, dan CSS saja, mungkin tidak bisa memuaskan pengalaman menelusuri website dan proses pembuatan “from zero” memakan waktu yang tidak sebentar, sehingga banyak developer yang mencoba mengabungkan language tersebut kedalam framework.

HTML + Javascript + CSS

3 hal ini sudah biasa menjadi tandem dalam pembuatan website. Namun seiring dengan perkembangan masing – masing language, maka framework yang saat ini ada biasanya terdiri dari HTML5 + JQuery + CSS3. Entah apa lagi yang akan di gabungkan pada masa yang datang.. hehehe…

 

Berikut 3 Framework yang mungkin sedang naik daun, dan patut diketahui oleh para web developer…

1. Bootstrap

Framework ini di kembangkan di Twitter oleh @mdo dan @fat . Mengunakan kombinasi HTML5 + LESS CSS, Bootstrap pada awalnya digunakan untuk memaksimalkan tampilan web pada Internet Explorer (IE). Bootstrap juga mampu mempermudah pembuatan Grid View dengan cara membagi layar menjadi 12 columns.

bootstrap

bootstrap-structure

boostrap-12columns

Sudah tidak sabar untuk mencoba ? Download disini : http://twitter.github.com/bootstrap/assets/bootstrap.zip

2. HTML5BOILERPLATE

Jika ditelisik dari nama-nya, seperti sedang merebus HTML5.. hehe.. Dari keterangan di website resmi, HTML5BOILERPLATE menempatkan dirinya sebagai front-end template. Project ini dikembangkan oleh sekelompok orang yang kreatif, dimana mereka berkumpul di http://h5bp.github.com/

html5boilerplate

HTML5BOILERPLATE juga menyedikan custom build, yang memperbolehkan developer untuk menyesuaikan component yang dibutuhkan sehingga lebih pas (hmm…mungkin jadi lebih cepat webnya)

Langung download juga : https://github.com/h5bp/html5-boilerplate/zipball/v4.1.0

3.Foundation (by Zurb)

Satu lagi tidak ketinggalan adalah “Foundation”, yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Zurb. Pada Foundation disiapkan “Off Canvas Layout”, yang akan semakin menambah kaya interaksi user dalam website.

zurbfoundation

foundation-offcanvasPenasaran kan ? Download disini : http://foundation.zurb.com/download.php

Pakai yang mana ?

Tentu saja, tergantung dari selera masing – masing developer. Hohoho…  Banyak cara dan framewok atau pun template front-end lain yang bisa digunakan. Namun dengan menggunakan yang “sudah jadi”, seharusnya lebih menghemat waktu dan biaya web development..

 

Selamat mencobaaa!!!

Iklan

2 respons untuk ‘3 Front-end Framework Siap dengan Responsive Design

  1. untuk fitur yang terdapat pada bootstrap dan foundation bisa dibandingkan (css/js), tapi untuk html5boilerplate hanya template struktur html5 (tidak mempunyai css/js untuk diperbandingkan), CMIIW 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s